Senin, 07 Oktober 2013

operasi hitung pada matrik



Operasi Hitung pada Matriks


 1.     Penjumlahan dan Pengurangan Matriks
Niko Sentera dan Ucok mengikuti tes untuk membuat SIM C. Tes ini terdiri atas tes tertulis dan tes praktek. Hasil tes mereka ini tampak seperti pada tabel berikut
Nama
Nilai Tes
Nilai Total
Tertulis
Praktek
Nico
4
4
8
Ucok
5
2
7
Penjumlahan tersebut dapat juga dilakukan dengan menggunakan matriks.

Perhatikan bahwa kedua matriks yang dijumlahkan memiliki ordo yang sama. Hasil matriks yang diperoleh adalah matriks yang berordo sama, diperoleh dengan cara menjumlahkan elemen-elemen yang seletak.
Bagaimana dengan pengurangan matriks?
Pengurangan matriks juga dapat dilakukan jika ordo matriks yang akan
dikurangkan sama. Hasil pengurangan matriks ini merupakan matriks yang
berordo sama, diperoleh dengan cara mengurangkan elemen-elemen yang
seletak
 2.     Perkalian Bilangan Real dengan Matriks
Setelah Kita mempelajari penjumlahan dua dan tiga matriks. Sekarang, lakukan penjumlahan matriks A berordo i x j secara berulang sebanyak n kali.


3.     Perkalian Dua Matriks
Pernahkah kita bermain domino? Bagaimanakah memasangkan kartu- kartu dalam permainan domino? Agar selembar kartu domino dapat dipasangkan dengan kartu domino yang lain, jumlah mata bagian kanan kartu tersebut harus sama dengan jumlah mata bagian kiri kartu pasangannya.
  
Prinsip pemasangan kartu domino ini dapat kita gunakan untuk memahami perkalian dua matriks, yaitu sebuah matriks A dapat dikalikan dengan matriks B jika banyak kolom matriks A sama dengan banyak baris matriks B. Adapun elemen-elemen matriks hasil kali ini adalah jumlah dari hasil kali elemen-elemen pada baris matriks A dengan elemen-elemen pada kolom matriks B.
                      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar